Penyebab Nyeri Sendi Saat Turun Hujan

Penyebab Nyeri Sendi Saat Turun Hujan

Penyebab Nyeri Sendi Saat Turun Hujan

Sebagian kita pernah mengalami badan terasa lemas dan nyeri sendi saat turun hujan. Apalagi jika kita main hujan-hujanan atau tidak sengaja air hujan mengguyur kepala kita. Efek samping dari itu adalah persendian terasa nyeri dan badan terasa sakit, lemas dan tidak bergairah. Padahal sebuah studi menyatakan bahwa tidak ada kaitannya antara nyeri sendi saat turun hujan.

Jadi apa penyebab nyeri sendi saat turun hujan? Bukanya banyak orang mengeluh akan persendian yang terasa nyeri kala musim hujan telah tiba? Apakah keluhan-keluhan ini tidak disebabkan oleh air hujan yang membasahi tubuh kita? Untuk lebih jelasnya, simak artikel tentang penyebab nyeri sendi saat turun hujan ini sampai tuntas ya.

Benarkan Nyeri Sendi Disebabkan Oleh Turunnya Hujan?

1. Pendapat  Pertama

Dr. Anupam Jena melakukan studi khusus apakah nyeri sendi yang dialami orang-orang berkaitan dengan turunnya hujan. Studi yang dilakukan Dokter Jena adalah dengan melakukan evaluasi terhadap kunjungan pasien ke dokter terkait dengan cuaca.

Ternyata hasilnya berbeda dengan yang dipercaya banyak orang. Nyeri sendi tidak ada korelasinya dengan turunnya hujan. Menurut Dr. Anupam Jena, nyeri sandi yang dikeluhkan oleh sebagian sama sekali bukan disebabkan oleh turunnya hujan. Ia menambahkan bahwa sebagian besar orang yang mengalami nyeri sendi selalu menghubungkan dengan turunnya hujan.

2. Pendapat Kedua

Pendapat Dr. Jena sangat berbeda dengan Dr. Steven Graff-Radford dari Pusat Kesehatan Cedar Sinai. Steven mengatakan bahwa rasa nyeri pada sendi tubuh akan semakin terasa saat musim hujan tiba. Ia meyakini bahwa perubahan tekanan barometrik bisa memicu cara otak menahan rasa sakit. Dan kondisi ini akan menyebabkan orang yang sedang mengalami nyeri sendi akan merasa lebih sakit dari semula.

Faktor Penyebab Sendi Terasa Nyeri Saat Musim Hujan

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis atau pembengkakan jaringan di dalam dan sekitar sendi akibat kerusakan permukaan pelindung tulang. Cedera serius pada sendi, obesitas, dan faktor usia adalah hal-hal yang meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

2. Psoriatic arthritis

Psoriatic arthritis menyebabkan sendi nyeri, kaku, bengkak serta meradang, dan ini biasanya dialami oleh satu dari lima orang penderita psoriasis.

3. Rheumatoid arthritis

Gejala sakit pada kondisi ini kerap hilang dan timbul dan menyebabkan penderitanya lelah. Bagian sendi yang mengalami peradangan pada rheumatoid arthritis biasanya sendi jari-jari tangan, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.

4. Peradangan pada jaringan ikat

Penyakit yang menyerang jaringan ikat, antara lain skleroderma dan lupus.
Infeksi virus. Infeksi virus yang dapat menyebabkan radang sendi misalnya rubella dan hepatitis.
Arthritis. Beberapa jenis artritis yang jarang terjadi dapat juga menimbulkan nyeri pada beberapa sendi tubuh, misalnya reactive arthritis, juvenile arthritis, dan anklyosing spondylitis.

5. Peradangan pada pembuluh darah

Penyakit yang dapat menyebabkan radang pada pembuluh darah, misalnya Henoch-Schonlein purpura dan sindrom Behcet.

6. Sarkoidosis

Penyakit hypertrophic pulmonary osteoarthropathy

7. Obat-obatan

Obat-obatan yang dapat menyebabkan nyeri sendi antara lain hydralazine, isoniazid, dan kortikosteroid.

Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Jika gejala nyeri sendi masih tergolong ringan, Anda bisa menanganinya di rumah dengan cara:

  • Beristirahat dengan cukup – Mengompres bagian sendi yang sakit dengan kantong es selama 15-20 menit.
    Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol.
  • Hindari aktifitas di luar – Untuk mencegah rasa sakit bertambah parah, hindarilah aktivitas fisik atau gerakan-gerakan yang melibatkan sendi-sendi yang sedang nyeri.
  • Konsultasi ke dokter – Apabila sakit tidak kunjung reda meskipun sudah melakukan langkah-langkah perawatan sendiri, timbul bengkak berwarna kemerahan, serta muncul sensasi hangat di bagian sendi yang nyeri, Anda dianjurkan untuk menemui dokter.

Nah sudah tahu sekarang apa saja faktor penyebab nyeri sendi saat turun hujan dan cara mengatasinya. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit saat turun hujan, gunakan suplemen khusus. Suplemen khusus yang banyak dipakai oleh orang adalah minuman perasan air lemon.

Anda bisa membuat sendiri perasan air lemon di rumah untuk diminum agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Bagi yang tidak mau repot-repot memeras lemon, zhu c menjadi pilihan yang pas untuk dikonsumsi. Sari lemon zhu c adalah minuman perasan air lemon murni yang khasiatnya tidak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi juga sangat bagus untuk perawatan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *