2 Resiko Berbahaya Minuman Ekstrak Lemon Non Pasteurisasi

2 Resiko Berbahaya Minuman Ekstrak Lemon Non Pasteurisasi

Dewasa ini minat konsumen akan jus ekstrak jeruk lemon dalam kemasan meningkat karena sangat praktis, mudah dikonsumsi, dan kaya akan khasiat serta manfaat. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, minuman jus ekstrak lemon kemasan botol juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan kulit. Karena khasiatnya ini lah, minuman jeruk lemon banyak digemari oleh masyarakat kita, khususnya wanita.

minuman ekstrak jeruk lemon

Bagi kaum hawa, ekstrak lemon adalah minuman yang sangat pas untuk menurunkan berat badan. Di samping itu juga dapat merawat kecantikan kulit, khususnya wajah. Tentunya penggunaannya dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti madu asli dan murni.

Tapi tahukah kita bahwa membeli minuman jus lemon untuk dikonsumsi tidak boleh sembarangan atau asal beli. Karena jika kita sembarangan membeli jus lemon tanpa memperhatikan mutu dan kualitasnya, akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh di suatu saat nanti.

Cara Memilih Minuman Ekstrak Lemon Berkualitas

Sebelum anda memilih minuman ekstrak lemon kemasan, perhatikan beberapa hal yang menyangkut kualitas jus lemon tersebut. Beberapa hal yang bisa dijadikan parameter kualitas minuman ekstrak lemon kemasan antara lain; bebas gula, bebas zat pengawet, bebas lilin, bebas zat pengatur keasaman dan melalui proses pasteurisasi.

proses pasteurisasi jus buah

Mungkin dari sekian parameter kualitas jus ekstrak lemon, yang paling asing adalah proses pasteurisasi. Minuman jus lemon yang bebas gula, bebas zat pengawet, bebas lilin dan bebas dari zat pengatur keasaman adalah hal-hal yang umum dari iklan sebuah produk jus lemon.

Tapi keempat unsur tersebut belum menjadi tolak ukur kualitas minuman jus ekstrak jeruk lemon jika belum melalui proses pasteurisasi. Apa itu pasteurisasi? Apa manfaat proses pasteurisasi pada minuman jus lemon? Apa efek samping mengkonsumsi minuman jus lemon non pasteurisasi? Semuanya akan kita bahas di artikel ini.

Pengertian Proses Pasteurisasi

Menurut wikipedia, pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir. Pasteurisasi juga diartikan sebagai proses untuk memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan dan minuman.

Tujuan proses pasteurisasi adalah untuk mengurangi jumlah mikroba yang merugikan sehinga menjadi minuman yang layak dikonsumsi sesuai dengan SNI. Minuman yang sudah dipasteurisasi sangat aman dikonsumsi dengan syarat didinginkan lebih dahulu dan didigunakan sebelum tanggal kedaluwarsa.

Manfaat Proses Pasteurisasi

Proses pasteurisasi jus jeruk dilakukan dengan cara pemanasan yang akan meningkatkan kualitas, baik nutrisi, rasa, dan warna dari jus jeruk tersebut. Pasteurisasi jus jeruk umumnya dilakukan pada suhu 80°C selama 30 detik. Suhu pemanasan yang terlalu tinggi dan waktu pemanasan yang terlalu lama dapat mengakibatkan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam jus jeruk menjadi berkurang. Di sisi lain, jika suhu pemanasan terlalu rendah atau waktu pemanasan yang terlalu singkat, dikhawatirkan jumlah mikroba yang terdapat dalam jus masih cukup tinggi.

Proses pasteurisasi pada sebuah minuman jus lemon kemasan botol memiliki 2 manfaat, yaitu;

1. Membunuh Mikroba Yang Merugikan

Jus jeruk memiliki pH asam yaitu sekitar 3,4. Pada pH tersebut, terdapat beberapa mikroba yang dapat tumbuh antara lain yeast, jamur, dan bakteri asam laktat. Mikroba tersebut dapat merusak jus jeruk. Semakin banyak mikroba yang terdapat dalam jus jeruk, maka nutrisi dalam jus jeruk semakin mudah rusak sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh manusia[4]. Menurut SNI No. 10-6019- 1999, tentang sari buah jeruk, cemaran mikroba maksimal yang diijinkan adalah 2×102 koloni/ml jus jeruk[6].

2. Memperlambat Pertumbuhan Mikroba

Jus jeruk memiliki pH asam yaitu sekitar 3,4. Pada pH tersebut, terdapat beberapa mikroba yang dapat tumbuh antara lain yeast, jamur, dan bakteri asam laktat. Mikroba tersebut dapat merusak jus jeruk. Semakin banyak mikroba yang terdapat dalam jus jeruk, maka nutrisi dalam jus jeruk semakin mudah rusak sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Dengan proses pasteurisasi, pertumbuhan mikroba dapat diperlambat agar jus lemon senantiasa layak dikonsumsi sebelum masa expirednya.

Bahaya Minuman Ekstrak lemon Tanpa Pasteurisasi

Pasteurisasi merupakan cara terbaik untuk memastikan minuman jus lemon benar-benar aman dikonsumsi. Jadi pastikan minuman jus lemon yang ada di rumah anda, benar-benar dibuat dengan proses pasteurisasi. Jika tidak, maka anda harus siap menerima 2 resiko bahaya besar meminum jus lemon non pasteurisasi, yaitu;

  1. Minuman ekstrak jeruk lemon yang diolah tanpa proses pasteurisasi tentunya masih mengandung banyak kuman yang sangat membahayakan kesehatan tubuh, seperti; bakteri, virus dan parasit. Kuman yang masih terkandung di dalam jus lemon non pasteurisasi akan menyebabkan kita sakit, bahkan pelan-pelan bisa membunuh kita. Umumnya, kuman-kuman ini dapat menyebabkan diare, kram perut dan muntah selama berhari-hari.
  2. Selain itu, jus lemon non pasteurisasi ini juga dapat menyebabkan sindrom Guillain-Barré yang melumpuhkan tubuh dan sindrom hemolitik-uremik yang dapat mengarah ke gagal ginjal, stroke, bahkan kematian. Semua orang dengan umur berapapun dan dengan kondisi apapun dapat berisiko jika meminum susu tanpa pasteurisasi.

Nah, untuk kebaikan anda dan keluarga anda, segera gunakan jus ekstrak lemon kemasan botol dengan proses pasteurisasi sebagai minuman untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Konsumen yang cerdas PASTI memilih minuman sari lemon terbaik berkualitas yang diproses secara pasteurisasi.

Salah-satu merk minuman ekstrak lemon pilihan masyarakat Indonesia di tahun 2019 ini adalah zhu c sari lemon. Zhu c lemon adalah minuman untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang memiliki kualitas lebih unggul dari produk sejenisnya.

Baca Juga:

Cara Membuat Perasan Air Lemon Untuk Diet, Terbukti Ampuh Menurunkan Berat badan Loh

Cara Diet Lemon Yang Benar Agar Cepat Langsing Dalam Seminggu

Salah satu keunggulan jus ektrak lemon zhu c adalah dibuat dari air perasan lemon 100% murni dengan cara-cara higienis dan melalui proses pasteurisasi. Proses pasteurisasi dilakukan agar zhu c lemon bebas dari organisme yang membahayakan tubuh, seperti; bakteri dan kuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *