Manfaat Lemon Untuk Kecantikan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini Loh

Mengenal Manfaat Lemon

Jeruk lemon tak hanya menjadi jawaban bagi masalah kesehatan saja. Lebih dari itu, manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah sangat bagus sekali. Khususnya kecantikan kulit wajah yang menjadi perhatian paling utama kaum wanita, pun juga pria.

aneka manfaat lemon

Buah lemon terkenal kaya akan vitamin C dan air lemon diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan serta kecantikan bagi tubuh. Laman Medical News Today menyebutkan, minum segelas air lemon setiap pagi diklaim dapat membantu meningkatkan suasana hati, memberikan energi, menambah kekebalan dan metabolisme bagi tubuh. Cara minum air lemon pun sangat gampang, yakni mencampur perasan lemon dengan air, bisa dinikmati dingin maupun panas. Bahkan beberapa orang membuat variasi air lemon dengan menambahkan kulit lemon, daun mint atau beberapa bahan lainnya .

Sejak dahulu, buah-buahan citrus dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan. Misalnya lemon dan jeruk nipis digunakan untuk meredakan batuk, demam, menjaga kecantikan dan daya tahan tubuh.

Aneka Manfaat Lemon Untuk Kecantikan Kulit

Buah buahan citrus mengandung banyak vitamin C yang penting bagi tubuh. Karena itu menambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis atau beberapa irisan lemon dalam segelas air putih mampu menghidrasi dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Bagaimana bisa? Yuk, simak beberapa manfaat lemon untuk kecantikan kulit yang belum Anda ketahui.

1. Perawatan kulit

Beberapa produk kosmetik menjanjikan kulit bersinar dan sehat, namun kita harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk mendapatkan sebotol paket perawatan wajaah. Namun air jeruk nipis mampu membuat kulit sehat dan bercahaya. Selain itu, manfaat kulit dan air jeruk nipis mampu mengurangi penuaan, komedo dan kerutan.

2. Sumber vitamin C

Lemon dikenal kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Satu gelas air lemon diketahui memiliki sekitar 18,6 miligram vitamin C. Jumlah harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

3. Mencerahkan kulit

Campurkan satu sendok makan air lemon dengan setengah gelas yogurt dan satu sendok makan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta, lalu terapkan pada wajah yang bersih. Diamkan masker selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Kandungan anti bakteri pada lemon dan madu dapat membersihkan dan mencerahkan kulit.

4. Eksfoliasi

Scrub lemon bisa digunakan untuk melakukan eksfoliasi kulit. Cara membuatnya, bisa dengan mencampurkan air lemon dengan gula merah. Terapkan scrub pada wajah, diamkan, lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk memberi efek melembapkan kulit, tak ada salahnya untuk menambahkan minyak kelapa ke dalamnya.

5. Meredakan masalah jerawat

Siapa sangka lemon juga bisa mengobati masalah jerawat. Anda bisa mencampurkan air lemon dan gel lidah buaya. Aplikasikan pada area yang terkena masalah jerawat. Diamkan selama satu setengah jam, lalu bilas.

6. Menghilangkan keriput

Menghilangkan masalah keriput juga bisa menggunakan air lemon, lho. Caranya, dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan air lemon, minyak almond, dan madu. Aplikasikan pada area wajah, terutama pada area bawah mata yang kerap kali mengalami masalah penuaan. Lakukan proses ini satu hingga dua kali dalam sepekan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Membantu sistem pencernaan tubuh

Air lemon dapat berfungsi sebagai pencahar dan membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas ketika bangun di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan jadi lebih baik. Air lemon juga diketahui bisa membantu mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

8. Menyegarkan napas

Mengoleskan lemon pada tangan yang terkena bawang putih atau bau kuat lainnya bisa menghilangkan aroma tak sedap tersebut. Hal ini juga berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makanan dengan bau yang kuat seperti bawang putih, bawang bombai, atau ikan. Lemon dianggap dapat merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering, yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

9. Mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Komponen asam sitrat yang terkandung di lemon secara paradoksik juga membuat urin menjadi kurang asam dan bahkan memecah batu ginjal menjadi lebih kecil. Air lemon dibutuhkan untuk mencegah atau membersihkan batu ginjal di tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *