lemon Sumber Kolagen Di Dalam Tubuh

lemon Sumber Kolagen Di Dalam Tubuh

Saat ini pasti kita sering mendengar banyak yang melakukan suntik kolagen agar kulit semakin kenyal dan glowing. Apakah benar dengan melakukan suntik kolagen kulit akan semakin kenyal dan glowing dan sebenarnya apa sih kolagen itu?

kolagen

Kolagen adalah jenis protein berserat dan tak larut, di mana jumlahnya cukup banyak di dalam tubuh kita. Kolagen merupakan salah satu pendukung utama dari kulit, tulang, urat, dan ligamen yang memberikan struktur dan kekuatan. Jumlah kolagen mencapai sekitar 30 persen dari seluruh jumlah protein yang ada di dalam tubuh.

Jumlah kolagen yang cukup di dalam tubuh akan memberikan manfaat bagi kita. Manfaatnya antara lain berperan besar dalam membuat kulit terlihat awet muda, kenyal dan bebas keriput. Namun seiring bertambahnya usia kita, produksi kolagen dapat menurun. Nah agar jumlah kolagen dalam tubuh tetap terjaga, kita memerlukan nutrisi khusus yang dapat kita peroleh melalui makanan, suplemen, atau suntikan.

 

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Kolagen merupakan penghubung organ tubuh manusia. Ia sendiri diibaratkan seperti lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Selain itu juga Kolagen dapat memberikan kekuatan tubuh dan melindungi struktur kulit. Fungsi lain kolagen adalah mempunyai kekuatan untuk mencegah penyebaran zat pathogen, mikro organisme dan sel-sel kanker.

Secara umum, manfaat kolagen bagi manusia adalah sebagai berikut;

  1. Mengecangkan kulit dan mencegah penuaan dini
  2. mengurangi selulit
  3. Meningkatkan massa otot
  4. meredakan nyeri sendi
  5. Mendukung kesehatan jantung

Dengan kolagen yang tercukupi, tubuh akan sehat dan kulit wajah lebih awet muda, kenyal dan glowing. Coba perhatikan orang-orang di sekitar anda. Usia masih muda, namun wajah terlihat tua. Kemungkinan besar produksi kolagen di dalam tubuh mengalami penurunan atau rusak.

Penyebab Produksi Kolagen Menurun atau Rusak

Penurunan produksi kolagen membuat kulit kehilangan elastisitas. Hasilnya, kulit mengendur serta timbul garis-garis halus dan keriput. Hal ini normal dan akan terjadi pada semua orang ketika mengalami penuaan. Selain usia, ada hal lain yang bisa membuat produksi kolagen menurun atau rusak sebelum waktunya.

A. Sinar matahari

Paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) dalam jangka panjang dapat mempercepat penuaan. Sinar matahari ini dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin yang terdapat pada lapisan kulit paling dalam (dermis). Rusaknya kolagen dan elastin sebagai jaringan penopang membuat kulit kehilangan kelenturan, hingga menjadi kendur dan muncul keriput.

B. Merokok

Nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit, sehingga aliran darah pada kulit menjadi tidak lancar. Akibatnya, kulit kekurangan oksigen dan nutrisi penting. Selain itu, ribuan bahan kimia dalam asap rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin. Kulit pun menjadi kendur dan berkeriput sebelum waktunya.

C. Kurang tidur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat berpengaruh pada penuaan dini dan kulit yang tampak kusam. Hal ini diduga terjadi karena dampak kurang tidur pada sistem kekebalan tubuh, sehingga merusak kolagen di dalam kulit.

D. Mengonsumsi makanan tinggi gula

Mengonsumsi makanan tinggi gula dapat mempercepat penuaan. Gula dalam darah akan menempel pada protein untuk membentuk molekul baru bernama advanced glycation end products (AGEs). Molekul ini bisa merusak kolagen dan elastin.

E. Ekspresi wajah

Semua orang pasti sering mengekspresikan suasana hatinya dengan tertawa, cemberut, atau menyipitkan mata. Eksrpesi wajah ini membentuk garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kelenturannya, sehingga garis halus dan kerutan akan menetap.

Cara Meningkatkan Kolagen

 

Apa Benar Buah Lemon Mengandung Kolagen ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *